Rabu, 22 Mei 2013

Tips Sukses Ujian Nasional (UN)

Tips Sukses Ujian Nasional - Ujian Nasional atau yang biasa sering disebut sebut UN selalu menciptakan suasana yang menakutkan, seakan - akan kehadiran ujian nasioal adalah momok dan tidak ingin ditunggu oleh sebagian pelajar. Pemikiran seperi ini haruslah kita hilangkan dari otak kita. Ya, bermula dari takut maka kita akan terbiasa dan terbiasa. Karena pada dasarnya, UN akan selalu ada dan nilai kelulusannya pertahun akan meningkat.

Ujian Nasional menurut saya adalah sebagai tes prestasi dan tes mental. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa ujian nasional adalah ujian dengan soal tersulit yang akan dihadapi. Nah, disinilah proses uji mental tersebut. Ujian Nasional sebenarnya jika kita sikapi dengan bijak, maka kita akan sukses. Disini, admin akan memberikan beberapa tips sukses untuk menghadapi Ujian Nasional.


Belajar
Usahakan sebelum anda menghadapi yang namanya Ujian Nasional, perbanyaklah belajar. Gunakan waktu anda untuk membahas materi pelajaran sebelumnya. 
Kurangi Bermain
Masa remaja memanglah masa yang identik dengan bermain dan bergaul. Namun, untuk menjalankan kiat ujian nasional ini, kalian perlu mengurangi atau mengschedule jadwal bermain anda, usahakan Jam Belajar anda lebih banyak dibandingkan dengan jam bermain. 
Sering-Sering Browsing di Internet.
Disini, cobalah untuk menyempatkan diri anda untuk browsing di internet. Banyak hal yang bisa anda lakukan disini. Misalnya, anda ingin menambah wawasan anda tentang materi pelajaran yang anda anggap sulit atau belum pernah dipelajari. Karena biasanya di internet terdsapat banyak sekali materi yang bisa anda jadikan pembelajaran. Anda juga bisa mendownload Bank-Bank Soal yang ada di internet untuk anda kerjakan. 
Tekatkan diri Anda Sukses Dalam Ujian Nasional.
Jangan pernah ada dalam pikiran anda hal - hal negatif tentang UN, anggaplah UN adalah sebagai PR (tugas rumah) yang harus diselesaikan. Anda hanya perlu mengerjakannya, dan berpikiran positif bahwa anda akan menyelesaikan Ujian tersebut dengan baik. 
Berdoa Dan Minta Doa Restu Dari Orang Tua.
Berdoa adalah hal yang tidak boleh kita lupakan selama kita hidup di dunia ini. Ya, senantiasalah untuk berdoa menurut kepercayaan masing masing, mintala kepada yang Maha Kuasa agar diberikan sebuah petunjuk, kemurahan, dan kepintaran dari-Nya.
Disamping meminta doa kepada Tuhan, mintalah juga Doa Restu Dari Orang Tua, karena anggapan bahwa doa orang tua kepada anaknya akan dikabulkan adalah hal yang benar adanya. 
Tips Lainnya : Jika anda mendapatkan sebuah jawaban lengkap ujian nasional, maka janganlah mempercayai sepenuhnya kunci jawaban tersebut, namun jadikanlah itu hanya sebagai pegangan. Akan tetapi, jika anda merasa dapat mengerjakan UN tersebut tanpa harus menggunakan kunci tersebut, itu akan menjadi hal yang lebih baik lagi. :)

Diatas adalah tips tips yang bisa saya sampaikan untuk kita semua, semoga kita sukses Ujian Nasional dengan hasil memuaskan pula ! Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar