Kamis, 23 Mei 2013

Pengertian dan Sistematika Makalah



Pengertian dan Sistematika Makalah. Apa sih pengertian makalah itu? Dan bagaimana sistematika makalah yang benar. Berikut adalah pengertian dan sistematika makalah.

Pengertian Makalah. Makalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah makalah /ma·ka·lah/ n 1 tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dl suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan; 2 karya tulis pelajar atau mahasiswa sebag ai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi; Menurut Kusmayadi, Ismail (2006) makalah adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan.
Dari itu dapat disimpulkan makalah adalah adalah suatu karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu. Makalah ini umumnya merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu perkuliahan atau pembelajaran di sekolah, baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan perkuliahan lapangan.

Sistematika Makalah. Secara garis besar penulisan makalah terdiri atas tiga bagian pokok, yaitu:
  1. Pendahuluan; Pendahuluan  memuat tentang persoalan yang akan dibahas antara lain meliputi latar belakang masalah, fokus dan rumusan masalah, prosedur pemecahan masalah dan sistematika uraiannya.
  2. Isi; Isi merupakan bagian yang memuat tentang kemampuan penulis dalam mendemonstrasikan kemampuannya untuk menjawab persoalan atau masalah yang dibahasnya. Pada bagian isi boleh terdiri dari lebih satu bagian sesuai dengan permasalahan yang dikaji.
  3. Kesimpulan; Kesimpulan merupakan bagian yang memuat pemaknaan dari penulis terhadap diskusi atau pembahasan masalah berdasarkan kriteria dan sumber-sumber literatur atau data lapangan. Kesimpulan ini mengacu kepada hasil pembahasan permasalahan dan bukan merupakan ringkasan dari isi makalah.

Di samping itu sebuah makalah hendaknya dilengkapi juga dengan:
  1. Daftar Pustaka; Daftar Pustaka merupakan catatan semua sumber atau referensi yang dipergunakan dalam penulisan sebuah makalah.
  2. Lampiran; Lampiran berisi hal-hal yang bersifat pelengkap yang dipakai dalam proses penulisan makalah. Seperti data yang berupa angka, grafik, atau deskripsi verbal yang dianggap sangat penting. Bagian ini tidak dimasukkan dalam batang tubuh makalah.

Itulah sedikit tentang pengertiandan sistematika penulisan makalah. Untuk contoh-contoh makalah dapat dilihat di daftar isi blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar